KEBUDAYAAN DAN
PERADABAN

  • Kebudayaan adalah segala sesuatu yang memberi pengaruh pada perilaku manusia dalam berkomunikasi dengan manusia lain sehingga tingkat pengetahuan manusia yang berkaitan dengan system ide atau gagasannya sangat ditentukan oleh kelompok masyarakat yang menaunginya.
  • Perwujudan dari sebuah kebudayaan adalah perilaku manusia, bahasa, benda-benda, agama, seni, dan lain-lain yang akan membentuk sebuah peradaban manusia.
  • Jadi, peradaban manusia adalah proses perwujudan dari kebudayaan manusia. Peradaban mempunyai kaitan erat dengan system masyarakat.
  • Peradaban adalah hasil dari kebudayaan sendiri, contoh; praktik dalam pertanian, yang dari zaman ke zaman semakin berubah.
  • Jadi, peradaban adalah sebuah system yang dihasilkan dari kebudayaan yang semakin maju dan modern.



HAKIKAT  TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling  tukar insesungguhnya Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai formasi dengan individu-individu lain.(ROGERS, 1986:2)
1.      TEKNOLOGI KOMUNIKASI ADALAH ALAT
2.      DILAHIRKAN OLEH SEBUAH STRUKTUR EKONOMI, SOSIAL DAN POLITIK
3.      MEMBAWA NILAI-NILAI YANG BERASAL DARI STRUKTUR EKONOMI, SOSIAL DAN POLITIK TERTENTU
4.      MENINGKATKAN KEMAMPUAN INDERA MANUSIA; TERUTAMA KEMAMPUAN MENDENGAR DAN MELIHAT
A.      SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
  1. ERA KOMUNIKASI TULISAN, 4000 SM –SEKARANG
  2. ERA KOMUNIKASI CETAK, 1456-SEKARANG
  3. ERA TELEKOMUNIKASI, 1844-SEKARANG
  4. ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF, 1946-SEKARANG
B.       CIRI-CIRI KOMUNIKASI INTERAKTIF
  1. ORANG YANG TERLIBAT BISA BERINTERAKSI DENGAN LELUASA
  2. UMPAN BALIK, SEGERA BISA DIKETAHUI
  3. PENYAMPAIAN PESAN DILAKUKAN SECARA VERBAL MAUPUN GAMBAR
  4. MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF
MEDIA INTERAKTIF MEDIA YANG DIPAKAI UNTUK SALING TUKAR INFORMASI, BAIK UNTUK KEPERLUAN HIBURAN, PENDIDIKAN, BISNIS, YANG MENGGUNAKAN KOMPUTER, TELEPON, ATAU LAYAR TV
C.      PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASI
  • TERIAKAN, NYALA API/OBOR, HEMBUSAN ASAP & BURUNG
  • PONY EXPRESS (SURAT VIA KENDARAAN KUDA) (1860)
  • TELEGRAPH  dengan kode morse
  • TELEPON (1876); ditemukan oleh Alexander Graham Bell
  • BROADCASTING (1910 &1920)
  • SATELIT DI AS (1972) & INDONESIA (1976)
  • VIDEO SYSTEM (1980)
  • INTERNET (1990)
D.      Satelit digunakan untuk :
ú  Komunikasi antar titik di permukaan bumi, seperti media komunikasi radio, TV dan Internet. Satelit komunikasi menerima, memperkuat dan mentransmisikan sinyal suara, musik, TV, telepon, telegraf, image, dan data dari satu titik ke titik lain di bumi. Jadi, satelit adalah repeater atau pengulang sinyal
ú  Titik acuan (point of reference), untuk menetapkan lokasi di ruang angkasa.
ú  Mengamati bumi dan lingkungannya. Misalnya, lapisan ozon yang semakin tipis dan bumi semakin panas diamati melalui satelit.
ú  Mengumpulkan dan melaporkan informasi ilmiah. Misal, satelit membuat rekaman gambar/foto adanya air di planet Mars, berarti terdapat kemungkinan adanya kehidupan di Mars.
E.       GELOMBANG PERADABAN
u Gelombang Pertama (8000 SM)
u  Gelombang Kedua (1700 SM – 1970 an)
u  Gelombang Ketiga (> 1970 an)
F.       Era Pertanian
         Manusia sangat tergantung pada alam
         Kekayaan diukur dari lahan atau tanah
         Metodologi peperangan pada penguasaan lahan dengan senjata konvensional
         Agama sebagai kekuatan sosial yang dominan
         Brahmana, ulama dan pendeta mempunyai fungsi dominan dalam struktur dan sistem sosial
         Penguasa mengidentikkan diri sebagai wakil Dewa Langit atau Tuhan
G.      Era Industri
  • Tenaga kerja dimobilisasi, dimotivasi, didisiplinkan untuk mengikuti metode dan ritme kerja manufaktur
  • Kekayaannya adalah modal atau kapital untuk membeli/membuat mesin dan mendirikan pabrik
  • Sasaran terletak pada penguasaan aset industri
  • Nation state mulai berperan secara dominan
  • Negara dan ideologi mempunyai fungsi dominan
  • Persenjataan modern berupa kapal perang, rudal dan kompleks industri untuk melindungi dan mendukung nation states
H.      Era Informasi
  • Mata pencahariannya berkaitan dengan informasi
  • kekayaan diukur dari akses terhadap informasi
  • Produk yang diperebutkan adalah informasi
  • Korporasi dan market menjadi kekuatan yang menonjol
  • Agama dan negara masih berperan (berdampingan), namun korporasi dan market meningkat
  • Metodologi persaingan beralih pada penguasaan persepsi melalui komputer, media, chips dan informasi atau disinformasi


 MEDIA KONVERGENSI

Dalam Era Informasi Media-media yang tadinya terpisah berintegrasi menjadi satu kesatuan atau di sebut dengan Konvergensi.
Menurut Staubhaar dan La Rose (2000)    Konvergensi adalah integrasi dari media massa, komputer dan telekomunikasi menjadi sebuah kesatuan secara teknologis dan institusi mendasar.
  Beberapa teknologi yang terpisah menjadi satu.  Contohnya :        
l  Telepon ,komputer dan teknologi internet
l  Ponsel Multimedia 
l  Surat kabar digital
l  Televisi multimedia
l  Radio web
Media pokok dan utama dalam melakukan aktifitas, melaksanakan tugas, melayani kebutuhan. Media yang mau tidak mau harus digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak lainnya.
Berikut beberapa Konvergensi Perubahan Lingkungan Media :
l  Konvergensi Teknologi           : Semua bentuk teknologi komunikasi dengan cepat berkonvergensi menjadi format yang dapat dibaca komputer (computer readable), yakni format digital Misal, Musik dalam format CD (dulu harus dalam pita
l  Konvergensi Industri  : Industri dalam bidang telepon, komputer, TV kabel, dan media melakukan merger dan bekerja sama untuk memperoleh keuntungan dalam persaingan media. Selain keuntungan finansial, juga sebagai upaya untuk mengontrol/menguasai masa depan media
l  Perubahan Gaya Hidup:  Konvergensi merubah cara hidup individu. Konvergensi memperkenalkan pola hidup baru; jalinan hubungan sosial, identitas baru, budaya baru  Misalnya, Memesan buku lewat internet
l  Perubahan Karir : Konvergensi merekonstruksi pemikiran, pandangan dan pendirian individu mengenai pekerjaan dan karir. Karir-karir baru bermunculan dan berkembang luas. Individu dapat memiliki beberapa karir sekaligus, diantaranya Perubahan karir yang di sebabkan konvergensi media antara lain:
Ø  Advertising
Ø  Jurnalis
Ø  PR
Ø  Mass Media
Ø  Programmer
Ø  Consultant
Ø  Web Designer
Ø  Enterpreneur
l  Perubahan Peraturan : Dihapuskannya UU yang memproteksi  bidang penyiaran, TV kabel, telepon dan perusahaan telekomunikasi dari kompetisi dengan perusahaan lain
l  Pergeseran isu-isu sosial  :
Ø  Bentuk baru kekerasan, rasisme dan seksisme (pornografi) baru
Ø Keamanan kerja dalam industri informasi
Ø Privasi dalam dunia komputerisasi
Ø Kesenjangan antara mereka yang mampu mengakses teknologi dan yang tidak
Ø Globalisasi informasi
Ø Kritik terhadap media massa (konsumerisme & hedonisme merusak ke permukaan).




PESAN YANG DISAMPAIKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Mendidik Pemakainya Untuk :
  1. Melakukan Demassifikasi
  2. Menyesuaikan Diri
  3. Meningkatkan Interaksi
Dengan Teknologi Komunikasi
  1. Berhubungan dengan individu di daerah/negara lain dengan cepat.
  2. Menyalurkan aspirasi dan ekspresi yang pada gilirannya menjadikan mereka akrab satu sama lain.
  3. Mengakses hasil-hasil kebudayaan yang muncul di berbagai daerah/negara
  4. Meningkatkan partisipasi mereka dalam kehidupan sospol yang menyangkut seluruh daerah/negara.
Hubungan Teknologi Komunikasi dan Masyarakat Informasi
Masyarakat Informasi
1.      Menurut Istilah Populer Masyarakat yang telah terkena terpaan (exposure) media massa dan komunikasi global, masyarakat yang sadar informasi dan mendapatkan penerangan cukup (Dahlan)
2.      Menurut Ilmu Komunikasi
                                         i.           Menjadikan informasi sebagai komoditas yang sangat berharga ekonomis.
                                         ii.         Berhubungan dengan masyarakat lain dalam sistem komunikasi global.
                            iii.      Mengakses informasi Superhighway adalah: Jaringan data elektronik yang di hasilkan oleh teknologi komunikasi yang canggih
 yang menghasilkan berbagai bentuk informasi dari seluruh pelosok dunia
dan bisa di akses dengan menggunakan  video dan komputer (Jhon V. Pavlik)

Informasi Superhygway
  1. Berhubungan dengan individu/masyarakat lain di daerah/negara lain dengan cepat
  2. Menyalurkan aspirasi dan ekspresi yang bisa menjadikan dirinya akrab dengan individu/masyarakat lain
  3. Mengakses semua hasil-hasil kebudayaan yang muncul di berbagai daerah/Negara

Kedudukan Komputer Sebagai Pembentuk Media Baru
Pada awalnya, ada kesan bahwa; media baru adalah semua media interaktif  Dengan menggunakan komputer, seorang individu bisa berinteraksi dengan individu lainSEMUA MEDIA = MEDIA BARU menurut  Ronald E. Rice  Frederick  : MEDIA BARU YANG DIBENTUK  KOMPUTER ADALAH MEDIA DALAM PENGERTIAN YANG SANGAT LUAS, YAITU BUKAN MEDIA MASSA, SEPERTI SURAT KABAR, RADIO, TELEVISI, FILM