KEBUDAYAAN DAN
PERADABAN
- Kebudayaan adalah segala sesuatu yang memberi pengaruh pada perilaku manusia dalam berkomunikasi dengan manusia lain sehingga tingkat pengetahuan manusia yang berkaitan dengan system ide atau gagasannya sangat ditentukan oleh kelompok masyarakat yang menaunginya.
- Perwujudan dari sebuah kebudayaan adalah perilaku manusia, bahasa, benda-benda, agama, seni, dan lain-lain yang akan membentuk sebuah peradaban manusia.
- Jadi, peradaban manusia adalah proses perwujudan dari kebudayaan manusia. Peradaban mempunyai kaitan erat dengan system masyarakat.
- Peradaban adalah hasil dari kebudayaan sendiri, contoh; praktik dalam pertanian, yang dari zaman ke zaman semakin berubah.
- Jadi, peradaban adalah sebuah system yang dihasilkan dari kebudayaan yang semakin maju dan modern.
HAKIKAT TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Sosial,
yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar insesungguhnya Teknologi komunikasi
adalah peralatan perangkat keras dalam sebuah struktur organisasi yang
mengandung nilai-nilai formasi dengan individu-individu lain.(ROGERS, 1986:2)
1. TEKNOLOGI KOMUNIKASI ADALAH ALAT
2. DILAHIRKAN OLEH SEBUAH
STRUKTUR EKONOMI, SOSIAL DAN POLITIK
3. MEMBAWA NILAI-NILAI YANG
BERASAL DARI STRUKTUR EKONOMI, SOSIAL DAN POLITIK TERTENTU
4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN
INDERA MANUSIA; TERUTAMA KEMAMPUAN MENDENGAR DAN MELIHAT
A. SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
KOMUNIKASI
- ERA KOMUNIKASI TULISAN, 4000 SM –SEKARANG
- ERA KOMUNIKASI CETAK, 1456-SEKARANG
- ERA TELEKOMUNIKASI, 1844-SEKARANG
- ERA KOMUNIKASI INTERAKTIF, 1946-SEKARANG
B.
CIRI-CIRI
KOMUNIKASI INTERAKTIF
- ORANG YANG TERLIBAT BISA BERINTERAKSI
DENGAN LELUASA
- UMPAN BALIK, SEGERA BISA DIKETAHUI
- PENYAMPAIAN PESAN DILAKUKAN SECARA VERBAL
MAUPUN GAMBAR
- MENGGUNAKAN MEDIA INTERAKTIF
MEDIA INTERAKTIF
MEDIA YANG DIPAKAI UNTUK
SALING TUKAR INFORMASI, BAIK UNTUK KEPERLUAN HIBURAN, PENDIDIKAN, BISNIS, YANG
MENGGUNAKAN KOMPUTER, TELEPON, ATAU LAYAR TV
C.
PERKEMBANGAN TELEKOMUNIKASI
- TERIAKAN, NYALA API/OBOR, HEMBUSAN ASAP
& BURUNG
- PONY EXPRESS (SURAT VIA KENDARAAN KUDA)
(1860)
- TELEGRAPH
dengan kode morse
- TELEPON (1876); ditemukan oleh Alexander
Graham Bell
- BROADCASTING (1910 &1920)
- SATELIT DI AS (1972) & INDONESIA
(1976)
- VIDEO SYSTEM (1980)
- INTERNET (1990)
D.
Satelit
digunakan untuk :
ú Komunikasi antar titik di permukaan bumi, seperti
media komunikasi radio, TV dan Internet. Satelit komunikasi menerima,
memperkuat dan mentransmisikan sinyal suara, musik, TV, telepon, telegraf,
image, dan data dari satu titik ke titik lain di bumi. Jadi, satelit adalah repeater
atau pengulang sinyal
ú Titik acuan (point of reference), untuk
menetapkan lokasi di ruang angkasa.
ú Mengamati bumi dan lingkungannya. Misalnya, lapisan
ozon yang semakin tipis dan bumi semakin panas diamati melalui satelit.
ú Mengumpulkan dan melaporkan informasi ilmiah. Misal,
satelit membuat rekaman gambar/foto adanya air di planet Mars, berarti terdapat
kemungkinan adanya kehidupan di Mars.
E.
GELOMBANG
PERADABAN
u Gelombang
Pertama (8000 SM)
u Gelombang Kedua (1700 SM – 1970 an)
u Gelombang Ketiga (> 1970 an)
F.
Era
Pertanian
•
Manusia sangat tergantung pada alam
•
Kekayaan diukur dari lahan atau tanah
•
Metodologi peperangan pada penguasaan
lahan dengan senjata konvensional
•
Agama sebagai kekuatan sosial yang
dominan
•
Brahmana, ulama dan pendeta mempunyai
fungsi dominan dalam struktur dan sistem sosial
•
Penguasa mengidentikkan diri sebagai
wakil Dewa Langit atau Tuhan
G. Era
Industri
- Tenaga kerja dimobilisasi,
dimotivasi, didisiplinkan untuk mengikuti metode dan ritme kerja
manufaktur
- Kekayaannya adalah modal atau
kapital untuk membeli/membuat mesin dan mendirikan pabrik
- Sasaran terletak pada penguasaan
aset industri
- Nation state mulai berperan secara
dominan
- Negara dan ideologi mempunyai
fungsi dominan
- Persenjataan modern berupa kapal
perang, rudal dan kompleks industri untuk melindungi dan mendukung nation
states
H.
Era Informasi
- Mata pencahariannya berkaitan
dengan informasi
- kekayaan diukur dari akses terhadap
informasi
- Produk yang diperebutkan adalah
informasi
- Korporasi dan market menjadi
kekuatan yang menonjol
- Agama dan negara masih berperan
(berdampingan), namun korporasi dan market meningkat
- Metodologi persaingan beralih pada
penguasaan persepsi melalui komputer, media, chips dan informasi atau
disinformasi
Dalam Era Informasi Media-media yang tadinya terpisah berintegrasi menjadi satu kesatuan atau di sebut dengan Konvergensi.
Menurut Staubhaar dan La Rose (2000) Konvergensi adalah integrasi dari media massa,
komputer dan telekomunikasi menjadi sebuah kesatuan secara teknologis dan
institusi mendasar.
Beberapa
teknologi yang terpisah menjadi satu. Contohnya
:
l Telepon ,komputer dan teknologi internet
l Ponsel Multimedia
l Surat kabar digital
l Televisi multimedia
l Radio web
Media pokok dan utama dalam melakukan aktifitas,
melaksanakan tugas, melayani kebutuhan. Media yang mau tidak mau harus
digunakan untuk berkomunikasi dengan pihak lainnya.
Berikut
beberapa Konvergensi Perubahan Lingkungan Media :
l Konvergensi Teknologi : Semua bentuk teknologi komunikasi dengan cepat berkonvergensi menjadi format
yang dapat dibaca
komputer (computer readable), yakni format digital Misal, Musik dalam format CD (dulu harus dalam pita
l Konvergensi Industri : Industri dalam bidang telepon, komputer, TV kabel, dan media
melakukan merger dan bekerja sama untuk memperoleh keuntungan dalam persaingan
media. Selain keuntungan finansial, juga sebagai upaya untuk mengontrol/menguasai masa depan media
l Perubahan Gaya Hidup: Konvergensi
merubah cara hidup individu. Konvergensi memperkenalkan pola hidup baru; jalinan hubungan sosial,
identitas baru, budaya baru Misalnya, Memesan buku
lewat internet
l Perubahan Karir : Konvergensi merekonstruksi
pemikiran, pandangan dan pendirian individu mengenai pekerjaan dan karir. Karir-karir baru bermunculan dan berkembang luas. Individu dapat
memiliki beberapa karir sekaligus, diantaranya Perubahan karir yang di sebabkan
konvergensi media antara lain:
Ø Advertising
Ø Jurnalis
Ø PR
Ø Mass Media
Ø Programmer
Ø Consultant
Ø Web
Designer
Ø Enterpreneur
l Perubahan Peraturan : Dihapuskannya UU yang memproteksi
bidang penyiaran, TV kabel, telepon dan perusahaan telekomunikasi dari
kompetisi dengan perusahaan lain
l Pergeseran isu-isu sosial
:
Ø Bentuk baru
kekerasan, rasisme dan seksisme (pornografi) baru
Ø Keamanan kerja dalam industri informasi
Ø Privasi dalam dunia komputerisasi
Ø Kesenjangan antara mereka yang mampu mengakses
teknologi dan yang tidak
Ø Globalisasi informasi
Ø Kritik terhadap media massa (konsumerisme &
hedonisme merusak ke permukaan).
PESAN
YANG DISAMPAIKAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Mendidik Pemakainya Untuk :
- Melakukan
Demassifikasi
- Menyesuaikan
Diri
- Meningkatkan
Interaksi
Dengan Teknologi Komunikasi
- Berhubungan
dengan individu di daerah/negara lain dengan cepat.
- Menyalurkan
aspirasi dan ekspresi yang pada gilirannya menjadikan mereka akrab satu
sama lain.
- Mengakses
hasil-hasil kebudayaan yang muncul di berbagai daerah/negara
- Meningkatkan
partisipasi mereka dalam kehidupan sospol yang menyangkut seluruh
daerah/negara.
Hubungan Teknologi Komunikasi dan Masyarakat
Informasi
Masyarakat Informasi
1.
Menurut Istilah Populer Masyarakat yang telah
terkena terpaan (exposure) media massa dan komunikasi global, masyarakat yang
sadar informasi dan mendapatkan penerangan cukup (Dahlan)
2.
Menurut Ilmu Komunikasi
i. Menjadikan informasi sebagai komoditas yang sangat
berharga ekonomis.
ii. Berhubungan dengan masyarakat lain dalam sistem
komunikasi global.
iii. Mengakses informasi Superhighway adalah: Jaringan
data elektronik yang di hasilkan oleh teknologi komunikasi yang canggih
yang menghasilkan berbagai bentuk informasi
dari seluruh pelosok dunia
dan bisa di akses
dengan menggunakan video dan komputer
(Jhon V. Pavlik)
Informasi Superhygway
- Berhubungan dengan individu/masyarakat
lain di daerah/negara lain dengan cepat
- Menyalurkan aspirasi dan ekspresi yang
bisa menjadikan dirinya akrab dengan individu/masyarakat lain
- Mengakses semua hasil-hasil kebudayaan
yang muncul di berbagai daerah/Negara
Kedudukan
Komputer Sebagai Pembentuk Media Baru
Pada
awalnya, ada kesan bahwa; media baru adalah semua media interaktif Dengan menggunakan komputer,
seorang individu bisa berinteraksi dengan individu lainSEMUA MEDIA = MEDIA BARU menurut Ronald E. Rice
Frederick : MEDIA BARU YANG
DIBENTUK KOMPUTER ADALAH MEDIA DALAM
PENGERTIAN YANG SANGAT LUAS, YAITU BUKAN MEDIA MASSA, SEPERTI SURAT KABAR,
RADIO, TELEVISI, FILM
22.31 |
Category: |
0
komentar